Budidaya Ikan Gabus Di Kolam Terpal, Yang Kaya Khasiat Sekaligus Menguntungkan

5-Manfaat-Ikan-Gabus-yang-Mengejutkan-Bagi-Kesehatan

Ikan gabus yaitu salah satu jenis ikan air tawar yang sering dilihat di sungai ataupun di rawa. Ikan gabus memiliki rasa daging yang sedap serta permintaan pasar yang cukup besar. Akan tetapi, sebagian besar masih mengandalkan hasil tangkapan dari alam. Untuk itu, budidaya ikan gabus di terpal bisa jadi solusinya.

Ada Beberapa Langkah-Langkah Untuk Budidaya Ikan Gabus Dengan Terpal Plastik, yaitu :

1. Membuat kolam pemeliharaan/pembesaran

Sebelum mengerjakan budidaya ikan gabus, langkah awal yang harus Anda kerjakan, yaitu membuat kolam pembudidayaan. Budidaya ikan gabus dengan memakai kolam terpal mempunyai beberapa keuntungan seperti biaya pembuatannya cukup murah, lebih tahan lama, serta mudah pemeliharaannya.

Untuk membuat kolam terpal ada 2 cara yang bisa dipakai. Pertama, kolam terpal dinding tanah. Caranya, yaitu gali tanah dengan ketinggian sekitar 2 meter, panjang 7 meter, dan lebar 4 meter. Jika sudah, pasangkan dan sesuaikan terpal dengan lubang yang dibuat tadi secara rapi.

Kedua, kolam terpal kerangka bambu atau besi. Caranya, buat dahulu kerangka kolam dengan memakai bambu atau besi yang lebarnya 4 meter, panjang 6 meter, dan tinggi 1,2 meter. Lalu pasangkan terpal secara rapi. Dan jangan lupa untuk membuat saluran pembuangan memakai pipa paralon dibagian dasar kolam.

Sebelum benih ditebarkan, sebaiknya kolam dicuci dahulu memakai sabun untuk menghilangkan bahan kimia dan bau yang melekat pada terpal. Kemudian, tunggu sampai kering sekitar 3 hari.

2. Penebaran bibit ikan gabus

Tahapan selanjutnya, yaitu mengerjakan penebaran benih ikan gabus. Sebelum benih ikan gabus disebar, masukkan tanah yang sudah dicampur dengan kotoran hewan ke kolam sampai setinggi 30cm.

Selanjutnya, masukkan air yang sudah diberi larutan Biodicon DF sekitar 50—100cm, kemudian diamkan air sekitar 1 minggu. Air jangan dialirkan supaya plankton tumbuh sebagai makanan alami ikan. Selanjutnya, tebarkan bibit ikan gabus ke dalam kolam, dan jangan diberi pakan selama 2 hari.

Baca Juga :

Menguntungkan, 4 Trik Budidaya Buah Kiwi
4 Cara Jitu Budidaya Bunga Lavender Dengan Polybag
Ini Dia Trik Jitu Budidaya Terong Di Musim Kemarau

Berikan pakan secara rutin, karena sifat ikan gabus yang predator atau kanibal bisa memakan ikan lain yang lebih kecil jika Anda telat memberikan pakan. Dalam pemberian pakan, ikan gabus memerlukan sekitar 2kg pakan setiap harinya.

jual-terpaljual-terpal-tendajual-terpal-kolamjual-terpal-bekas-surabayajual-terpal-bekas-735x400

Untuk pakan atau pelet ikan gabus harus diperhatikan komposisinya, yaitu lemak 15%, karbohidrat 10%, protein 15% dan 60% sisa makanan dari dapur.

Bisa juga Anda membuat pakan yang lain dengan komposisi 50% dedak, 20% ikan teri, jagung 10%, dan ampas tahu 20%. Cara membuatnya, campurkan bahan tersebut untu digiling, kemudian jemur bahan yang sudah digiling smpai benar-benar kering, lalu haluskan sebelum diberikan ke ikan.

3. Panen ikan gabus

Ikan gabus bisa dipanen dengan bertahap sesuai kebutuhan pasar. Ikan gabus mempunyai daya tahan lebih tinggi sehingga jika dipanen bertahap tak akan stres seperti lele ataupun patin. Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, lakukan penyortiran ukuran secara rutin setiap 1 bulan sekali.

Jika anda membutuhkan Terpal Plastik Untuk Budidaya ataupun untuk yang lainnya dengan harga yang lebih murah, silahkan hubungi kami melalui sms/call pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s