Keuntungan Budidaya Belut, Yang Kaya Gizi Sekaligus Menjanjikan

Belut-Air-Bersih-lapak-nasa

Merintis usaha budidaya belut memang bisa menjadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda yang ingin merintis usaha perikanan. Belut menjadi pilihan yang tepat karena permintaan belut di pasaran lumayan tinggi. Selain itu, belut juga terkenal mempunyai nilai gizi yang lumayan tinggi.

Belut tergolong dalam jenis ikan tawar yang pasar nasional ataupun internasionalnya masih terbuka sangat lebar. Walapun digolongkan dalam kelompok ikan, belut berbeda dengan jenis ikan pada umumnya. Belut biasanya hidup di lumpur dengan air yang tak terlalu banyak. Kemampuan hidup di lumpur ini karena belut mempunyai 2 sistem pernapasan. Habitat belut biasa ditemukan di rawa dan sawah, tetapi di sawah sudah sangat jarang sekali ditemukan. Hal ini karena habitat belut di sawah rusak karena efek penggunaan pupuk pestisida/pupuk kimia yang sangat berlebihan. Belut diterima oleh pasar dengan baik dalam bentuk masih segar ataupun sudah olahan. Belut mempunyai kandungan gizi yang lumayan baik untuk kesehatan tubuh manusia di antaranya sebagai sumber protein serta sumber energi.

Protein pada belut juga kaya akan beberapa asam amino berkualitas baik seperti isoleusin dan leusin yang merupakan asam amino esensial yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan anak serta menjaga keseimbangan nitrogen untuk orang dewasa. Selain itu, berguna untuk perombakan dan pembentukan protein pada otot.

Baca Juga :

Inilah 7 Tanaman Yang Cocok Di Musim Hujan
Tips Jitu Merawat Kakao, Agar Berbuah Lebih Lebat
Ini Tips Agar Sukses Budidaya Mangga Alpukat Dengan Pot

Usaha budidaya belut juga sangat gampang untuk dikerjakan dan dapat menyesuaikan dengan kondisi lahannya. Usaha budidaya belut menjanjikan keuntungan yang sangat besar bagi pelaku usahanya. Belut juga mempunyai potensi yang besar untuk diekspor ke beberapa negara karena permintaan daging belut ini masih tinggi, sedangkan untuk persediaannya belum cukup memenuhi.

Usaha pembesaran belut memang banyak dikerjakan oleh masyarakat. Hal itu tak lepas dari terbatasnya informasi tentang cara dan teknik budidaya belut. Padahal, dapat dikatakan bahwa budidaya pembesaran belut relatif cukup mudah. Saat ini permintaan belut masih didominasi dari hasil tangkapan alam dan juga hasil budidaya yang masih belum mampu memenuhi kebutuhan pasar. Oleh karena itu, peluang usaha untuk budidaya belut masih sangat terbuka lebar.

Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata belut juga bisa dibudidayakan dengan memakai media air bening. Tak dapat dipungkiri, belut juga merupakan ikan yang hidupnya membutuhkan air sebagai media hidupnya. Atas dasar itu, logika belut dapat dibudidayakan pada media air bening menjadi sangat mungkin dilakukan.

Jika Anda membutuhkan atau ingin budidaya dengan Terpal Plastik atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s