Inilah Rahasia Sukses Budidaya Ikan Belida Dengan Kolam Terpal

ikan belida

Ikan lopis merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dijumpai di sungai di daerah Sumatra, Kalimantan, Jawa, serta Semenanjung Malaya, ikan ini tergolong dalam suku Notopteridae atau disebut ikan berpunggung pisau. Ikan lopis lebih terkenal dengan nama ikan belida atau ikan belido, yang diambil dari nama salah satu sungai di Sumatera Selatan yang menjadi habitatnya. Sedangkan, Orang Banjar menyebutnya ikan pipih.

Klasifikasi Dari Ikan Belida

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Notopteridae
Genus : Chitala
Spesies : C. lopis

Ikan belida dewasa bisa mencapai berat sekitar 1,5–7kg, dengan ciri khas ikan belida yaitu mempunyai punggung pisau yaitu punggungnya meninggi sehingga bagian perut terlihat lebar dan pipih. Ciri ikan belida yaitu mempunyai sirip dubur yang menyambung dengan sirip bagian ekor berawal tepat di bagian belakang sirip perut yang menyambung dengan sisik kecil. Bentuk kepala dekat punggung cekung dan rahangnya semakin panjang sesuai dengan meningkatnya umur sampai jauh melampaui batas bagian belakang mata pada ikan yang sudah besar.

Ikan belida ini umumnya dikonsumsi dengan cara dibuat kerupuk dan pempek khas palembang, diolah dengan cara digoreng ataupun dibakar, dijadikan abon dan lain sebagainya. Selain dikonsumsi, ikan belida ini juga banyak dijadikan sebagai ikan hias aquarium. Sehingga tak heran apabila orang mulai melaksanakan budidaya ikan belida ini sebagai peluang usaha.

Adapun Beberapa Cara Untuk Membudidayakan Ikan Belida, Yaitu :

Persiapan Kolam Budidaya Ikan Belida

Karena tergolong jenis ikan air tawar, kolam yang perlu disediakan untuk membudidayakan ikan belida yaitu kolam tanah ataupun kolam terpal. Kolam tersebut dibuat dengan ukuran besar karena nantinya ikan belida bisa mencapai sekitar 1-7kg.

Minimal ukuran kolam yaitu 2m persegi dengan tinggi air kolam minimal harus 30cm dan dalam kolam terdapat air mengalir supaya seperti habitat aslinya.

Apabila kolam tanah sudah jadi, laksanakan pemupukan dasar yang bertujuan supaya tanah dalam kolam subur dan hama pengganggu ikan belida musnah. Pemupukan dasar kolam tersebut dapat dilaksanakan dengan mengeringkan terlebih dulu sampai terlihat retak-retak kemudian beri pupuk organik. Setelah itu, isi kolam dengan air secara bertahap.

Baca Juga :

Belajar Cara Budidaya Goji Berry Bagi Para Pemula
Ingin Tau Cara Budidaya Mangga Irwin, Ini Dia Trik Jitunya
Ini Dia Trik Budidaya Timun Suri Untuk Pemula Agar Berbuah Lebat

Penebaran Benih Ikan Belida

Bibit ikan belida dapat diperoleh dari hasil pemijahan sendiri atau dari hasil budidaya. Untuk melaksanakan pembibitan sendiri, anda harus mencari indukan ikan belida jantan dan betina.

Untuk membedakan ikan belida dapat dilihat dari ciri fisiknya. Ciri induk ikan belida jantan mempunyai sirip perut yang panjang, berukuran lebih kecil dibandingkan dengan betina, serta mempunyai kelamin berbentuk tabung. Sedangkan, ciri indukan ikan belida betina kebalikan dari ciri indukan jantan.

Ketika masa kawin tiba, alat kelamin ikan belida jantan akan memerah dan mengeluarkan sperma berwarna putih. Letakkan bambu pada bagian dasar kolam sebagai lokasi penempelan telur. Bambu tersebut harus mempunyai panjang sekitar 1m karena dalam 1 kali pemijahan indukan betina ikan belida bisa menghasilkan telur sampai 300 butir.

Pemberian Pakan Ikan Belida

Ikan belida tergolong dalam jenis ikan karnivora, sehingga ikan ini akan memakan segala jenis ikan terutama ikan berukuran kecil. Ketika berumur 3 hari, larva ikan diberi pakan berupa udang kecil. Pemberian pakan ikan ini harus dilaksanakan secara teratur sebanyak 3 kali 1 hari, selain udang pakan yang dapat diberikan yaitu anakan ikan lele, katak kecil dan lain sebagainya.

Masa Panen Ikan Belida

Pemanenan ikan belida tergolong cukup lama. Masa panen ideal ikan belida yaitu sekitar 1 tahun atau setidaknya ikan mempunyai bobot sekitar 500-700gr/ekor. Pemanenan ikan belida ini dapat dilaksanakan secara satuan maupun total tergantung dengan permintaan.

Jika Anda Membutuhkan Dan Memerlukan Terpal Plastik untuk budidaya ikan atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s